Catatan

Mengenal Nusantara Yang Belum Kutau

Saat SMA, hampir semua teman asli Madura dan murni keturuna Madura. Beberapa memang memiliki oranag tua yang bukan ras Madura, beberapa juga memang tidak berdarah Madura. Akan tetapi, di perkuliahan kita menyatu dengan segala teman dari penjuru nusantara.Pada kesempatan ini, saya merasa kekayaan budaya Indonesia adalah benar adanya. Logat yang berbeda, penggunaan bahasa yang berbeda, cerita yang berbeda pula. Mereka membawa keunikan dareahnya masing-masing. Ya, nusantara memang sekaya itu dalam hal budaya.

Saya banyak menemukan hal baru dan banyak hal baru. Bukan hanya dari teman yang berasal dari pulau seberang, tapi juga dari teman yang sebenarnya satu pulau dnegan saya, Madura. Dari ujung timur yang logatnya lebih halus dan mendayu sampai ujung barat yang cenderung lebih ‘tegas’ dalam bernada. Saat bersekolah dulu, semua teman menggunakan logat yang sama. Bahasa Madura yang digunakan pun jelas sama. Hanya beberapa teman yang berasal dari pesisir yang mempunyai logat hampir sama dengan orang-orang Sampang (kabupaten yang terletak di sebelah barat Pamekasan). Ketika di Universitas Airlangga ada forum untuk mahasiswa Madura, ah terasa sekali bedanya. Tai kami tetap menajdi satu, tanpa belahan-belahan di dalamnya. Meski ada beberapa kata yang berbeda dengan logat yang jelas berbeda setiap kabupatennya. Tapi kami tetap nyaman menggunakan bahasa Ibu kami. Karena hanya mereka yang memahami itu.

Saya belum pernah berkeliling nusantara, tapi sya sudah cukup takjub dengan kekayaan budaya yang dibawa teman-teman di sekitar saya.

 


 

Surabaya, 8 Ramadhan 1439 H

20.44

Bangga Madura

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s